Di era perkembangan zaman yang semakin pesat seperti sekarang ini, pertumbuhan penduduk dunia semakin meningkat, sedangkan lahan menjadi semakin menyempit. Penyempitan lahan ini menjadi salah satu pokok permasalahan penting yang menimbulkan permasalahan-permasalahan lain terhadap lingkungan. Dampak negatif inilah yang harusnya diminimalisir. Untuk itu diperlukan terobosan-terobosan baru dalam gerakan peduli lingkungan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan lingkungan tersebut. Sebagai salah satu komunitas yang bergerak dalam bidang lingkungan, Youth For Climate Change D.I.Y terus melakukan inovasi dalam setiap gerakan lingkungan untuk mengajak masyarakat turut serta peduli terhadap permasalahan lingkungan.

YFCC DIY merupakan salah satu komunitas lingkungan yang berfokus pada isu perubahan iklim dan menjadi wadah bagi pemuda Yogyakarta untuk belajar dan turut serta dalam gerakan peduli lingkungan. YFCC DIY sendiri merupakan bagian dari YFCC Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Lahirnya YFCC Indonesia sendiri bermula dari penyelenggaraan Youth For Climate Camp yang merupakan salah satu program DNPI (Dewan Nasional Perubahan Iklim) pada tanggal 4 Juli 2008 yang diketuai langsung oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono selaku presiden kala itu.

YFCC Yogya memiliki visi dan misi yang fokus pada isu perubahan iklim. Visi YFCC Yogya yaitu menjadikan Youth for Climate Change Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai poros pergerakan pemuda yang inovatif, inspiratif, kreatif, dan kontributif dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan, misi YFCC Yogya antara lain:

  1. Menanamkan pemahaman masyarakat khususnya pemuda mengenai perubahan iklim di Daerah Istimewa Yogyakarta.
  2. Menjadi sarana informasi mengenai perubahan iklim di Daerah Istimewa Yogyakarta
  3. Membangun sinergi pada masyarakat, pemerintah, maupun lembaga-lembaga terkait dalam mengatasi dampak perubahan iklim

Sebagai bentuk aksi nyata rasa dari rasa peduli, YFCC Yogya melakukan berbagai gerakan lingkungan di antaranya yaitu:

  1. Aksi menjual pohon
  2. Monitoring dan Tanam Mangrove
  3. Berbagi Bibit Pohon Sebagai Hadiah Wisuda
  4. Aksi Bersih Sungai
  5. YFCC On Air
  6. Riset Lingkungan
  7. Diskusi Publik Terkait Lingkungan
  8. Diskusi Internal Terkait Isu Lingkungan
  9. Mengedukasi Pelajar tentang Kesadaran Climate Change

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, terdapat berbagai kegiatan yang bersifat unconditional.

Saat ini, YFCC Yogya sedang mencari anggota baru lho, CAMP Friends! Hari ini adalah hari terakhir pendaftarannya. Untuk informasi lebih lanjut, follow media sosialnya dalam #CAMPFollowFriday, yuk!

Twitter: @YFCCYogya

Facebook: YFCC D.I. Yogyakarta