“Share your knowledge.”

Itulah slogan yang diangkat oleh Komunitas Bule Mengajar. Komunitas ini didirikan pada tanggal 28 Oktober 2014 oleh anak muda yang berasal dari Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai salah satu upaya dalam berkontribusi bagi Kulon Progo khususnya dalam bidang pendidikan, pariwisata, sosial, dan budaya.

Terdapat 3 program yang dilaksanakan oleh Komunitas Bule Mengajar, yaitu program Bule Mengajar, program Professional Member Development, dan program Les Bahasa Inggris.

Pada program Bule Mengajar, warga negara asing (WNA) terlibat dalam kegiatan ini sebagai partisipan program. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP / SMA / SMK di Kabupaten Kulon Progo. Sebanyak 10 sekolah sudah bekerjasama untuk pelaksanaan program ini dan 93 WNA dari 23 negara pernah menjadi partisipan program.

Pelajaran akan diadakan selama 3 jam di dalam / luar kelas dengan pengajar yaitu partisipan program dan anggota Komunitas Bule Mengajar berperan sebagai pendamping. Materi pelajaran disesuaikan dengan permintaan pihak sekolah dan penyampaian materi menggunakan bahasa Inggris.

Program Professional Member Development merupakan program untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota komunitas dengan pengajar yang merupakan sesama anggota. Materi akan berganti pada tiap pertemuan. Materi yang diberikan misalnya bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Jepang, pariwisata, dan lain sebagainya.

Program Les Bahasa Inggris merupakan program yang ditujukan bagi anak – anak atau warga kabupaten Kulon Progo, dengan pengajar yaitu anggota komunitas maupun partisipan program Bule Mengajar. Program ini diadakan sebagai solusi karena melihat tingginya antusias warga untuk belajar bahasa Inggris akan tetapi terkendala biaya dan sedikitnya lembaga pendidikan bahasa Inggris.

Komunitas Bule Mengajar telah bekerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Kulon Progo, LSM dari dalam dan luar negeri, travel agent, dan hostel. Hal tersebut sebagai upaya meningkatkan kontribusi komunitas ini bagi Kabupaten Kulon Progo.

Menarik bukan, kegiatan dari Bule Mengajar? Yuk, follow Bule Mengajar di #CAMPFollowFriday!

Facebook : Bule Mengajar

Twitter : @Bule_Mengajar