PemudaTanpaPlastik merupakan aksi dari Perhumas Muda Yogya, yang bertujuan untuk memberikan wadah para pemuda agar turut aktif, produktif, dan peduli terhadap lingkungan. Kampanye ini berangkat dari keresahan akan keberlangsungan lingkungan, di mana Indonesia menjadi negara penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia.

Perhumas Muda Yogya adalah sebuah komunitas yang bergerak di bidang Public Relations (Hubungan Masyarakat). Berdiri sejak 2011, komunitas ini merupakan gabungan dari berbagai universitas yang berada di Yogyakarta. Komunitas ini aktif memberikan ilmu mengenai kehumasan, salah satunya dengan kampanye.

Dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2016, kampanye online #PemudaTanpaPlastik ini diharapkan mampu mengajak para pemuda menjadi agent of change dengan memulai dari diri sendiri untuk melakukan gerakan demi terciptanya lingkungan yang lebih baik. Hal ini dilakukan dengan mengajak para pemuda untuk bersama-sama mengurangi penggunaan plastik belanja dengan cara mengganti plastik tersebut dengan menggunakan kantong yang ramah lingkungan.

1. Aksi campaign diawali dengan mengunggah foto ketika sedang berbelanja menggunakan kantong yang ramah lingkungan di instagram.
2. Waktu mengunggah dimulai tanggal 15 – 28 Oktober 2016.
3. Foto yang diunggah merupakan foto yang menunjukkan bahwa Anda melakukan transaksi berbelanja dan menggunakan kantong ramah lingkungan untuk membawa apa yang telah dibeli.
4. Dianjurkan, foto tersebut berlatar tempat Anda berbelanja.
5. Caption pada foto berisi tentang cerita bagaimana pengalaman Anda pemuda Indonesia yang menggunakan kantong ramah lingkungan saat berbelanja, dan meyakinkan bahwa kegiatan tersebut bukanlah hal yang membosankan.
6. Justru, menggunakan kantong ramah lingkungan akan membuat Anda terlihat keren dan dalam waktu yang bersamaan, Anda peduli terhadap lingkungan.
7. Penulisan caption diharuskan menggunakan tagar #PemudaTanpaPlastik untuk membantu bercerita di dalam caption.
8. Foto yang diunggah dilengkapi dengan me-mention @PerhumasMudaYK
9. Tag 5 teman kalian untuk bisa ikut dalam online campaign PemudaTanpaPlastik dengan ketentuan seperti di atas.
10. Hasil dari foto peserta online campaign akan dibuat menjadi kolase sebagai bentuk dukungan terhadap online campaign #PemudaTanpaPlastik.

Yuk, partisipasi dalam kampanye PemudaTanpaPlastik!