Berbagi bikin happy!

– AkberJogja

AkberJogja adalah komunitas sosial nirlaba yang bergerak di bidang pendidikan, yang terbentuk pada tanggal 14 Februari 2011. Komunitas ini dirintis mulai dari Akademi Berbagi Nasional yang terbentuk pada tanggal 9 Juli 2010 dengan Ainun Chomsun sebagai founder-nya. Latar belakang terbentuknya komunitas ini adalah untuk menanamkan pemahaman bahwa belajar seharusnya bisa diakses siapa saja, mudah, dan gratis.

Akademi Berbagi mempunyai visi menjadi sebuah wadah pembelajaran yang menghubungkan orang-orang yang berilmu dan berwawasan dengan orang-orang yang ingin belajar dengan mudah, dan akan ada di setiap kota di seluruh Indonesia. Akademi Berbagi juga mempunyai beberapa misi, yaitu : Berbagi ilmu dan pengalaman dari para praktisi dan ahlinya, Menyediakan tempat belajar gratis dan terbuka bagi siapa saja, Kelas dilaksanakan secara rutin dan konsisten, Menyebarkan virus belajar ke berbagai tempat, dan Membangun networking.

img_8168

Suasana kelas AkberJogja. (AJ)

Akademi Berbagi di setiap kota dipimpin oleh satu Kepala Sekolah. Keanggotaan AkberJogja terbuka untuk siapa saja. syaratnya hanya berkomitmen untuk mengikuti kegiatan dan belajar bersama di AkberJogja. Mayoritas volunteer pengelola AkberJogja (Foot Soldier) adalah mahasiswa, meski ada juga karyawan, pengusaha, guru, dan lainnya. Keanggotaan AkberJogja terbagi menjadi 3 yaitu, Volunteer Pengelola, Volunteer Guru (yang mengajar), dan Volunteer Tempat (yang meminjamkan tempat). Semua volunteer ini tidak dibayar dan itu adalah semangat yang dibawa oleh Akademi Berbagi, semangat kerelawanan.

Kegiatan yang dilakukan AkberJogja ada beberapa, yaitu Kelas, Limonan, LLD, dan Ultah. Dari keempat kegiatan ini, Kelas adalah kegiatan inti AkberJogja. Di mana volunteer pengelola bekerja sama dengan volunteer guru dan volunteer tempat untuk mengadakan sebuah kelas dengan tema atau judul tertentu. Kelas ini diadakan tanpa memungut biaya dari Akberians (orang yang mengikuti kegiatan AkberJogja). Mengenai kuantitas, dalam setahun AkberJogja bisa mengadakan lebih dari 40 kelas rata-rata, dan itu merupakan yang terbanyak di Indonesia.

img_8174

Foto wajib sesudah kelas. (AJ)

AkberJogja saat ini mempunyai 30 lebih volunteer pengelola aktif, 80 lebih volunteer guru, dan 10 lebih volunteer tempat. Sepanjang tahun 2015, Akber Jogja menyelenggarakan 50+ kelas. Rekor jumlah peserta kelas Akber Jogja adalah 213 peserta.

Penasaran untuk bergabung dengan kelas AkberJogja? CAMP Friends bisa pantau media sosial mereka untuk update kelasnya. Yuk, follow AkberJogja di #CAMPFollowFriday!

Twitter: @akberjogja

Facebook : Akber Jogja