“We Love Kids, We Love Books, We Adore Indonesia.”

– Book For Mountain

Book For Mountain merupakan sebuah komunitas yang bergerak di bidang pendidikan dengan target menjangkau sekolah-sekolah dasar yang tidak memiliki perpustakaan dan berada di daerah terpencil di Indonesia.

3-project-perpustakaan-book-for-mountain-sebesi-lampung

Project perpustakaan BFM di Sebesi, Lampung. (BFM)

Komunitas ini dinamai dengan nama “Book for Mountain”. Meskipun menggunakan kata-kata ‘mountain’, namun Book For Mountain bukan bermaksud untuk membatasi bahwa Book For Mountain hanya bergerak di sekolah-sekolah yang berada di gunung saja. Namun kata ‘mountain’ sebenarnya merupakan ilustrasi untuk daerah terpencil yang sangat jarang didatangi oleh orang kebanyakan dikarenakan jalur atau medan yang sulit. Dengan harapan komunitas ini kelak tetap fokus untuk menjangkau daerah-daerah terpencil yang sangat jarang disentuh oleh buku-buku yang berkualitas serta materi pendidikan yang kreatif dengan memanfaatkan alam yang ada di sekitar sekolah.

1-project-perpustakaan-book-for-mountain-bromo-jawa-timur

Project perpustakaan BFM di Bromo, Jawa Timur. (BFM)

Book For Mountain tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa komunitas ini akan berkembang dan sudah berjalan lebih dari 6 tahun. Selama sekitar 6 tahun inilah Book For Mountain telah  menjangkau 7 pulau di 20 desa dengan 23 perpustakaan yang sudah di bangun. Hingga saat ini sudah +8000 anak-anak yang merasakan manfaat dari komunitas Book for Mountain. Book For Mountain berharap semoga komunitas ini dapat terus bergerak membantu akses buku bagi anak-anak diseluruh pelosok Indonesia demi nasib pendidikan dan masa depan Indonesia.

Jika CAMP Friends tertarik dengan kegiatan Book For Mountain, jangan lupa follow akun media sosialnya yuk! Let’s be inspired through CAMP Follow Friday!

Twitter: @Komunitas_BFM

Fanpage: Book For Mountain