Bagi sebagian orang, buku bukanlah suatu hal yang dapat dijumpai dengan mudah. Bukan lagi memiliki koleksi buku, mendapatkan akses memperoleh buku subsidi atau pinjaman buku saja tidak setiap orang dapat memperoleh kesempatan itu. Setidaknya, mungkin hal inilah yang menginspirasi terciptanya gerakan Buku Bagi NTT. Berasal dari keinginan berbagi kebahagiaan melalui media buku.

Gerakan NTT Cinta Baca – BUKU BAGI NTT adalah inisiatif sosial yang mengajak banyak orang peduli pendidikan Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui donasi buku. Gerakan NTT Cinta Baca berupaya untuk membangun dan mengembangkan rumah/taman baca serta perpustakaan tingkat kampung, yang digerakkan oleh aktor-aktor lokal (local heroes) di pelosok-pelosok kampung seluruh NTT.

bukubagi_ntt-1474361396716

BUKU BAGI NTT (BBNTT) berasal dari inisiatif dari seorang pemuda asli NTT. Gerakan ini lahir pada tanggal 03 April 2014 melalui media sosial, karena ia percaya bahwa kekuatan media sosial seperti Facebook dan Twitter adalah cara paling sederhana untuk mengajak banyak orang terutama kaum muda untuk peduli pada inisiatif-inisiatif sosial yang baru lahir.

BBNTT menghubungkan donatur buku dengan aktor lokal di NTT yang sudah atau akan membuat rumah baca, serta perpustakaan sekolah di pelosok-pelosok NTT. Di tahap awal dalam periode 2014, BBNTT memberi dukungan untuk beberapa komunitas di Sumba Timur dan di Rote. Dalam On Going Program, BUKU BAGI NTT ternyata mendapat banyak permintaan khususnya yang datang dari pemuda lokal di NTT untuk memberi dukungan donasi buku dari beberapa rumah baca.

bukubagi_ntt-1474361172368

Sebagai gerakan kemaren sore, BBNTT didukung BUKU UNTUK PAPUA yang menjadi patronnya, dan bermitra dengan Komunitas Hibah Buku, Satu Juta Buku Untuk Indonesia, Ruang Baca Kota, SAGU Maluku dan Yayasan GNOTA.  BBNTT mengajak semua pihak, individu maupun institusi, yang peduli pada pendidikan NTT, untuk berpartisipasi dalam gerakan ini baik dengan menjadi relawan pengumpul buku, donatur buku, ataupun penggerak rumah baca di kampung-kampung di NTT.

Saat ini, BBNTT sudah memiliki sejumlah relawan yang bergerak di sembilan kota besar, salah satunya di Yogyakarta. BBNTT menerima donasi buku anak-anak, buku bacaan, buku cerita, majalah anak, komik, novel, buku mewarnai, buku pelajaran (yang masih baru), buku pengetahuan, dan buku-buku lainnya, dengan syarat tidak mengandung ‘adult content’ atau bukan buku-buku bekas yang sudah penuh coretan (tidak layak pakai). Selain itu, BBNTT juga menerima donasi dana untuk pengumpulan buku dan volunteer engagement.

BBNTT bisa diikuti melalui kanal media sosial mereka. Jika CAMP Friends tertarik dengan kegiatan BBNTT, jangan ragu untuk follow mereka, ya. Let’s be inspired through CAMP Follow Friday!

Twitter: @bukubagiNTT

Fanpage: Buku Bagi NTT