Terjun ke dalam kegiatan sosial dan menjadi relawan rupanya tidak melulu harus memberi donasi uang, barang, ataupun terjun langsung ke lapangan. Waktu dan sedikit kata-kata pemantik yang mampu menggerakkan publik pun sudah termasuk dalam kegiatan sosial. Setidaknya hal itulah yang saya pelajari setelah beberapa bulan ini bergabung dengan CAMP Foundation.

Di CAMP Foundation, saya merupakan volunteer di Divisi Digital Marketing, khususnya Social Media Strategist. Saya bertugas memperkenalkan CAMP Foundation kepada masyarakat luas mengenai kegiatan dan program CAMP Foundation sebagai lembaga sosial nonprofit yang bergerak di bidang pendidikan.

Program utama CAMP Foundation ialah menghubungkan Orang Tua Asuh (pihak donatur) yang ingin membiayai Anak Asuh yaitu anak-anak sekolah jenjang SD hingga SMA yang kurang mampu namun memiliki niat untuk bersekolah. Di samping menyalurkan bantuan dari donatur, kami juga melakukan kegiatan Development Program yang bisa mengasah kemampuan Anak Asuh kita di luar bidang akademik. Misalnya, kami sudah beberapa kali melakukan kunjungan ke museum, bercocok tanam, membuat prakarya, dan sebagainya.

Tidak hanya memposting beragam hal mengenai kegiatan rutin yayasan ini, saya juga seringkali mencari hal-hal di luar CAMP Foundation yang tetap berkaitan dengan dunia pendidikan, kerelawanan, dan anak-anak. Kegiatan ini sangat menyenangkan lho! Memang, seringkali orang memandang saya hanya sibuk dengan gawai saya dan memainkan media sosial melulu, tetapi saya menyenangi kegiatan ini. Saya bisa membandingkan realita pendidikan di masyarakat dengan berbagai penelitian yang saya temukan di internet.

Saya mengetik dengan bahagia di media sosial ketika membagi keceriaan Anak Asuh kita saat mengikuti kegiatan Development Program. Saya senang ketika kami mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan kami. Lebih-lebih, hati saya berbunga ketika kalian membalas postingan kami melalui komentar atau bahkan hanya sebatas memberikan like!

Selaras dengan asas CAMP Foundation, Linking the Next Generation’s Educational Needs, saya akan terus menghubungkan kamu dengan CAMP Foundation melalui cuitan di media sosial. Jangan lupa ikuti media sosial kami, ya! Ciao!