Halo Orang Tua Asuh Dita,

Setelah beberapa minggu kegiatan CAMP Foundation di-non-aktifkan sementara karena adanya libur hari raya Idul Fitri, saat ini CAMP Foundation sudah mulai aktif kembali. Terhitung dari bulan Agustus ini, berbagai kegiatan di CAMP Foundation sudah mulai berjalan seperti sedia kala kembali. Garage Sale akan kembali diadakan, Hello There mulai kembali dijalankan, dan berbagai proyek pun akan kembali diselenggarakan. Terlepas dari aktif kembalinya berbagai kegiatan di CAMP Foundation, CAMP Friends sebaiknya juga mengetahui berbagai kegiatan rutin yang dilakukan oleh CAMP Crew sebelum libur hari raya tiba.

Hello There merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh CAMP Crew. Hello There sendiri merupakan kegiatan rutin yang melibatkan Kakak Asuh dan Anak Asuh yang berada di CAMP Foundation. Kegiatan ini berupa kunjungan rutin Kakak Asuh ke kediaman Anak Asuh. Tujuan dari kegiatan Hello There ini adalah untuk memantau perkembangan Anak Asuh baik dari segi akademik maupun sosial. Setiap kunjungan, Kakak Asuh beserta Anak Asuhnya akan membuat proyek yang berbeda sesuai denga tema yang telah ditentukan oleh Project Leader. Selain Kakak Asuh, CAMP Crew juga dapat ikut berkunjung ke rumah Anak Asuh dan melakukan kegiatan bersama-sama.

Pada bulan Ramadhan tahun ini, CAMP Crew mengunjungi kediaman Duhita sebagai realisasi dari kegiatan Hello There. Pada kunjungan kali ini, dua CAMP Crew yang mendapatkan kesempatan untuk dapat berkunjung ke rumah Duhita, yaitu Kak Izzah sebagai Kakak Asuh Duhita dan Kak Aji sebagai Operational Manager. Kunjungan dilakukan pada 12 Juni 2016 sekitar pukul 10.00 WIB.

Ada cerita unik saat melakukan kegiatan Hello There kali ini. CAMP Crew sempat tersesat. Hal ini disebabkan karena Duhita pindah ke rumah barunya dan ini merupakan kunjungan pertama CAMP Crew ke rumah baru Duhita sejak dia pindah rumah. Akhirnya, Ibu Widya, ibu Duhita menjemput dan mengantar Kak Aji dan Kak Izzah hingga tiba di rumah Duhita.

Di rumah Duhita, seperti biasa, Kak Izzah sebagai Kakak Asuh akan menanyakan perkembangan akademik yang dialami oleh Duhita. Kebetulan saat itu nilai rapor juga sudah dibagikan kepada wali murid. Dari hasil rapor yang diperlihatkan kepada CAMP Crew, ada beberapa nilai yang turun jika dibandingkan dengan hasil Ujian Tengah Semester beberapa bulan sebelumnya. Namun, Duhita juga mendapatkan beberapa nilai yang sangat memuaskan di beberapa mata pelajaran, seperti Pendidikan Agama dan Bahasa Mandarin. Duhita dikenal sebagai anak yang cukup menguasai Bahasa Mandarin di sekolahnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil ujian yang selalu memuaskan.

Selain menanyakan perkembangan akademis, Duhita juga diminta untuk menulis sebuah karya tulis, baik cerpen, narasi, puisi, mapun bentuk karya tulis yang lain. Kegiatan menulis ini merupakan salah satu proyek pada bulan Juni yang dilakukan oleh Kakak Asuh bersama dengan Anak Asuh saat kunjungan. Kali ini, Duhita memilih untuk menuliskan pengalaman liburannya. Beberapa hari sebelum CAMP Crew mengadakan kunjungan, Duhita sudah terlebih dulu mengikuti study tour yang diadakan oleh sekolahnya. Study tour ini berupa liburan di salah satu bangunan bersejarah yang berada di sekitar Yogyakarta, yaitu Candi Borobudur. Duhita menuliskan pengalamannya berlibur bersama teman-teman sekolahnya mulai dari berangkat hingga pulang. Berbagai pengalaman baru didapatkannya dari study tour kali ini. Hasil tulisan Duhita kemudian dikumpulkan kembali sebagai arsip milik CAMP Foundation. Hasil tulisan ini dapat dikirimkan kepada Orangtua Asuh sebagai salah satu bentuk komunikasi antara Anak Asuh dan Orangtua Asuh.

Setelah selesai menulis, Duhita ditemani CAMP Crew membuat scrapbook. Dalam pembuatan scrapbook ini, kreativitas dan keterampilan Anak Asuh akan lebih diasah. Scrapbook ini dibuat sesuai kreasi Anak Asuh. Nantinya, Scrapbook ini akan dijAnakan semacam diary oleh Anak Asuh. Isinya bisa beragam sesuai dengan kreasi Anak Asuh. Duhita sangat tertarik dan bersemangat saat membuat scrapbook. Hasilnya pun cukup menarik dan berwarna-warni.

Setelah puas bermain-main dengan Duhita, CAMP Crew yang diwakili oleh Kak Aji dan Kak Izzah segera berpamitan pulang. Berbagai kegiatan menarik akan kami lakukan lagi pada bulan Agustus ini. Kita tunggu saja kegiatan mengejutkan apa lagi yang akan kami lakukan. Untuk para CAMP Friends, jangan pernah lelah untuk belajar dan tetap semangat!

Penulis: Izzah Annisa (Kakak Asuh)