Yogyakarta (16/3/2016) – CAMP Goes To School adalah sebuah kegiatan kampanye yang dilakukan di sekolah yang sudah menjadi mitra kerja CAMP Foundation, di mana terdapat anak asuh CAMP yang menjadi siswa di sekolah tersebut. Ini merupakan sebuah program baru dari CAMP Foundation yang dilaksanakan sekali per dua bulan.

CAMP Goes to School di bulan ini, yang berkolaborasi dengan Book For Mountain, dilaksanakan pada Selasa, 15 Maret 2016. Acara yang bertajuk “Berbagi Semangat, Berbagi Motivasi” ini diadakan di SMA Muhammadiyah Kalasan, di mana sasaran utama dari kegiatan tersebut adalah murid kelas XII SMA yang akan lulus dan akan menghadapi dunia luar.

Acara yang dipandu oleh Satriawan J. Muhtori sebagai PIC, secara resmi dibuka dengan sambutan dari Bapak Edi, selaku Kepala Sekolah, dilanjutkan dengan ice breaking oleh Annisa Husna, Ketua Divisi Kreatif dan Seni dari Book For Mountain. Peserta diajak untuk bermain dan melakukan gerakan menari bersama.

Setelah itu, masuk ke acara utama yaitu sharing. General Manager CAMP, Eirene Shinta Valevi, menjelaskan secara umum tentang CAMP Foundation dan bercerita untuk jangan menyerah secepat mungkin, karena apapun bisa terjadi jika kita berusaha sekuat tenaga untuk meraih impian kita, walaupun itu hanya untuk sekedar kerja setelah lulus SMA. Selain itu mereka diajak untuk menuliskan impian mereka yang menjadi tujuan mereka kelak setelah lulus dari SMA. Cuaca yang cukup terik tidak mengalahkan semangat mereka untuk mengikuti rangkaian acara yang diberikan.

Motivasi menjadi tolak ukur dalam kegiatan kali ini karena murid kelas XII di sana mempunyai tujuan masa depan yang berbeda-beda di mana kebanyakan dari mereka ingin bekerja dan tidak mau melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Dari sekitar 20 siswa yang hadir, terdapat salah satu orang siswa yang mempunyai impian untuk pergi keluar negeri, yaitu ke Jepang. Siswa XII IPA yang merupakan fans dari JKT48 (sebuah grup idola Indonesia) ini ingin sekali pergi ke Jepang, tetapi sebelumnya dia ingin pergi ke Jakarta dan melihat indahnya ibukota Indonesia. Dia menyadari mempunyai banyak kekurangan, namun semangatnya sangat besar untuk mencapai cita-citanya.

“Saya sangat senang dengan kegiatan yang diadakan oleh Mbak-mbak dan Mas-mas ini, semoga setelah kedatangan teman-teman ke sini, adek-adek bisa termotivasi dan lebih semangat lagi dalam mengejar impian mereka,” ungkap Kepala SMA Muhammadiyah Kalasan, Pak Edi, dengan mata yang berkaca-kaca dan terlihat sangat senang atas kegiatan yang dilakukan oleh CAMP Foundation dan Book For Mountain.

Satria, sebagai person in charge acara ini mengatakan bahwa kegiatan ini sukses walaupun masih banyak kekurangan, mengingat ini adalah program pertama dan terbaru dari CAMP. “Peserta mempunyai mimpi yang berbeda-beda, tujuan pun berbeda-beda. Tapi semangat mereka untuk mengejar mimpi sudah bisa kita lihat bersama,” kata Satria.

Acara ditutup dengan berfoto bersama dan penyerahan buku untuk perpustakaan SMA Muhammadiyah Kalasan oleh Book For Mountain. Semoga buku-buku tersebut  bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan teman-teman di sana.

CAMP Goes To School akan dilanjutkan dan mendatangi sekolah-sekolah untuk terus berbagi semangat dan berbagi motivasi. Masih banyak yang perlu dibantu untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik. CAMP Foundation sendiri adalah sebuah organisasi kemanusiaan yang peduli dengan pendidikan di Indonesia, khususnya di Yogyakarta, dengan memberikan beasiswa pendidikan kepada anak-anak yang kurang mampu dan mempunyai semangat untuk terus mencari ilmu. Sejauh ini terdapat 16 anak asuh yang bergabung di CAMP dan harapannya akan terus bertambah serta meluas, bukan hanya di Yogyakarta saja, namun juga di seluruh Indonesia. (Satriawan J. Muhtori)