Hari Minggu tanggal 28 Februari lalu, CAMP Crew bersama adik asuh berkegiatan bersama dalam Development Program CAMP Sharing Story. CAMP Sharing Story merupakan kegiatan berbagi cerita mengenai profesi seseorang. Tidak hanya bercerita mengenai profesi yang dijalankan, akan tetapi adik asuh juga diajak mempraktekkan pekerjaan dari profesi tersebut.

CAMP Sharing Story kali ini yaitu berbagi cerita profesi seorang pembatik. Seorang pembatik dapat menghasilkan kain batik tidak hanya melalui proses melukis kain secara manual, teknik cap pada kain, akan tetapi juga dengan teknik jumputan. Maka dari itu, Development Program hari itu kami membuat batik jumputan bersama adik asuh.

Batik jumputan merupakan jenis kain batik yang menggunakan teknik menjumput sebagian kain kemudian ditali menggunakan karet ataupun tali rafia. Saat Development Program kemarin kami menggunakan tali rafia karena dirasa lebih bagus pola yang terbentuk di kain dibandingkan menggunakan karet. Kami juga menggunakan kaos putih polos yang kemudian akan diwarnai sebagai medianya.

Setelah dijumput dengan tali rafia, kaos kemudian dicelup ke dalam pewarna yang sebelumnya diseduh pada air panas sesuai kreativitas masing-masing adik asuh. Kebetulan salah seorang adik asuh kami sudah pernah membuat batik jumputan ketika pembelajaran di sekolahnya, sehingga adik asuh kami turut berbagi cerita mengenai pengalamannya membatik. Dia pun dengan ceria menjelaskan proses membatik yang diketahuinya kepada CAMP Crew.

Setelah dirasa cukup dalam pewarnaan kaos tersebut, kemudian kaos dicuci di bawah pancuran air dingin. Tali rafia yang mengikat kaos pun dilepas satu per satu. Kemudian, taraaa… Kaos batik hasil karya adik asuh dan CAMP Crew akhirnya jadi. Jangan lupa dijemur untuk mengeringkan kaos dari cairan pewarna yang tadi dipakai.

Seru banget! Adik asuh tidak hanya mengenal profesi pembatik, tetapi juga mempraktekkan langsung profesi mereka dengan menghasilkan karya kaos batik jumputan. Adik asuh dapat berkreasi sesuai kreativitas mereka pada desain kaos batik jumputan yang mereka buat. Kaos batik jumputan hasil karya mereka akan dijual dalam acara #seSHAREngan pada tanggal 18-19 Maret 2016 besok. Bagi CAMP Friends yang berminat, bisa lho memiliki kaos batik jumputan karya adik asuh kami dengan mengunjungi acara kami di Playgound Café Yogyakarta pada tanggal tersebut. Dengan membeli kaos batik jumputan mereka, CAMP Friends sudah turut berkontribusi dalam kegiatan Development Program mereka selanjutnya.

See you next CAMP Sharing Story!