Tanya-Jawab

Apa itu CAMP Foundation?
CAMP Foundation adalah organisasi kemanusiaan yang berbasis di Yogyakarta, Indonesia, yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya anak-anak usia sekolah di wilayah Yogyakarta, Indonesia, melalui peningkatan dan dukungan di bidang pendidikan.
Siapa yang berada di CAMP?
Terdapat Teamwork yang terdiri dari Tim Pendiri, Tim Manajemen, serta Tim Relawan, dan Anak Asuh yang selalu mengikuti program-program CAMP di setiap bulannya.
Bagaimana CAMP bekerja?

Pada dasarnya, CAMP memiliki prinsip sebagai berikut:

a. Long-term Focus and Sustainability
Bantuan CAMP akan memiliki arti yang signifikan apabila sifatnya jangka panjang. Kami berkomitmen untuk membantu setiap anak asuh kami sampai pendidikan dasarnya berakhir, yaitu sampai dia lulus SMA atau SMK. Sustainability; Bila ada sponsor yang memberhentikan bantuannya di tengah masa pendidikan anak asuhnya, CAMP akan membiayai pendidikan anak tersebut sampai CAMP mendapatkan sponsor baru untuk anak tersebut.

b. Co-investment
Baik keluarga dari anak asuh dan Sponsor bersama-sama berkontribusi untuk membiayai pendidikan dari setiap anak asuh. Dalam pelaksanaannya, sponsor hanya membiayai 80% dari biaya pendidikan setiap anak, dimana 20%-nya dibiayai oleh keluarga dari anak asuh.

c. Professionalism and Transparency
Untuk menjaga kepercayaan dari donator dan Sponsor, sangatlah penting bahwa kami bekerja secara profesional dan transparan. Salah satu bentuk nyata dari hal tersebut adalah bahwa kami akan selalu menginformasikan setiap Sponsor mengenai latar belakang dan kemajuan akademis dari para anak asuh mereka, foto-foto dan surat dari anak asuh dan turut dilampirkan penggunaan donasi dalam bentuk laporan tahunan CAMP.

d. Objective Child-Selection Criteria
CAMP Foundation adalah organisasi yang tidak memihak agama, suku ataupun organisasi politik apapun. Kami memberikan kesempatan yang sama kepada laki-laki dan perempuan, dan menghormati agama dan budaya masyarakat dimana kami beroperasi.

Apa aktivitas CAMP?

Kami tidak hanya memberikan bantuan finansial agar Anak Asuh tetap mampu bersekolah, namun kami juga merancang aktivitas pendukung lainnya demi peningkatan kemampuan akademik dan non-akademik yang tergabung di dalam CAMP.

a. Program Sponsorship
Program ini meliputi pencarian sekolah, survey calon anak asuh, pencarian sponsor (Orang Tua Asuh), melakukan penggalangan dana, penyaluran bantuan dari sponsor ke anak asuh, memfasilitasi komunikasi sponsor dan anak asuhnya, pelaporan berkala terhadap sponsor mengenai perkembangan akademik anak asuh, dan laporan tahunan yang ditujukan untuk para stakeholders CAMP.

b. Program Training Development
Program ini merupakan program pengembangan kemampuan akademik dan non-akademik dan pendampingan dari tim CAMP terhadap anak asuh. Kami melakukan program edukatif dan aktivitas sosial di setiap bulannya.

Ceritakan tentang program-program CAMP !

a. Hello There
Program ini merupakan program pengembangan kemampuan akademik dan non-akademik dan pendampingan dari tim CAMP terhadap anak asuh. Kami melakukan program edukatif dan aktivitas sosial di setiap bulannya.

b. Member Training and Orientation (MTO)
Memberikan pelatihan kepada volunteer baru dengan menjelaskan sejarah, program-program, deskripsi tanggung jawab dan hal lainnya yang berhubungan dengan CAMP, serta pengenalan dan pengakraban sesama CAMP Crew.

c. Project Mission
Anak Asuh membuat suatu prakarya yang berhubungan isi terkini atau sesuai dengan pameran yang akan dilakukan. Proyek ini biasanya dipersiapkan untuk kegiatan khusus, misalnya peringatan anniversary CAMP.

d. Sharing Story
Anak Asuh mengetahui tentang kisah dari tokoh/cerita yang menginspirasi dan memberikan motivasi untuk mereka. Program ini juga bertujuan untuk mengenalkan berbagai macam profesi yang ada.

e. How To
Anak Asuh mengetahui bagaimana cara membuat/melakukan sesuatu sebagai modal kemampuan pribadi untuk kehidupan sehari-hari (life skill). Kegiatan utama dari kegiatan ini adalah praktek ke lapangan, misalnya berkebun, memasak, atau membuat kerajinan tangan.

f. Picnic
Anak Asuh melakukan piknik ke tempat wisata, misalnya kebun binatang, museum, atau pantai. Kegiatan ini untuk mengakrabkan diri dengan Anak Asuh dan antar sesama tim serta memberikan pengetahuan baru yang berhubungan dengan destinasi wisata tersebut kepada Anak Asuh.

g. Storytelling
Anak Asuh bercerita tentang kegiatan atau cita-cita dalam bentuk tulisan atau video dokumentasi. Program ini bertujuan untuk melatih kemampuan menulis dan berbicara di depan umum.

h. Showcase
Pagelaran atau pameran karya seni yang ditampilkan Anak Asuh atau CAMP Team secara eksternal. Hasil Project Mission atau kegiatan lainnya ditampilkan di program ini. Dilaksanakan ketika anniversary CAMP atau acara pameran lainnya.

i. CAMP Goes to School
Kampanye langsung yang dilakukan CAMP Team ke sekolah-sekolah yang sudah menjadi mitra kerja CAMP. CAMP juga menerima undangan untuk diskusi atau menjadi narasumber di sekolah/kampus.

j. Survey and Looking for Foster Children
Kegiatan untuk mencari Anak Asuh baru dengan melakukan survey ke sekolah dan ke rumah Anak Asuh serta mencari Sponsor sebagai Orang Tua Asuh.

Bagaimana cara bergabung dengan CAMP?

Mari bergabung dengan CAMP! Kami menerima semua bentuk bantuan dari pihak luar demi mendukung program-program yang diselenggarakan. Bantuan tersebut dapat diberikan secara:

a. Individual

  • ONE TIME DONATION : Donasi satu kali untuk kegiatan di luar biaya sekolah maupun dana cadangan bagi pembiayaan sekolah Anak Asuh.
  • SPONSORSHIP : Donasi langsung kepada Anak Asuh untuk pembiayaan SPP atau keperluan sekolah tahunan.
  • FUNDRAISING : Donasi bagi keperluan aktivitas penggalangan dana.
  • EDUCATION SPORTS DONATION : Donasi non-finansial untuk keperluan penunjang.
  • BOOK DONATION : Donasi buku teks sekolah, edukasi, ensiklopedia, bacaan anak-anak, pengetahuan populer, atau majalah untuk Anak Asuh.

b. Corporate

  • DONATION : Donasi satu kali untuk kegiatan di luar biaya sekolah maupun dana cadangan bagi pembiayaan sekolah anak.
  • PARTNERSHIP : Aktivitas kolaborasi dalam program Anak Asuh, penggalangan dana, ataupun aktivitas CSR perusahaan yang berkaitan dengan Anak Asuh.

c. Volunteer

Anda bisa menjadi relawan sebagai kru CAMP yang tergabung di dalam Tim CAMP. Pembukaan rekrutmen relawan diadakan sekali dalam 1 semester/tahun atau ketika dibutuhkan.

Bagaimana menghubungi CAMP?

Anda bisa menghubungi kami melalui narahubung dan mari berteman dengan kami di media sosial.

Contact Person CAMP: +6281225718716
Facebook: CAMP Foundation
Twitter: @CAMP_Foundation
Path: CAMP_Foundation
LineAt: @campfoundation
Instagram: @campfoundation
Instagram Fundraising: @camp.garagesale