Yogyakarta, Mei 2017 – CAMP Training merupakan salah satu program baru yang dirancang oleh CAMP Foundation. Kegiatan ini menyasar para relawan yang tergabung dalam CAMP Foundation. CAMP Training dilakukan untuk membekali para relawan dengan berbagai keahlian yang dapat menunjang kompetensi dalam bidang kerelawanan.

Pada kesempatan ini, CAMP Crews berkesempatan untuk medapatkan pelatihan mengenai ice breaking. Ice breaking sendiri merupakan aktivitas kecil yang bertujuan untuk memecahkan keheningan atau bahkan untuk mengondisikan suatu kelompok. Pelatihan ini dirasa perlu karena kegiatan CAMP Foundation berhubungan langsung dengan Anak Asuh yang mengharuskan CAMP Crews memiliki keahlian khusus dalam mencairkan suasana dengan Anak Asuh.

Pelatihan ice breaking dilakukan pada hari Minggu, 14 Mei 2017 di CAMP Shelter. Pada kesempatan ini, CAMP Foundation mendatangkan pemateri yaitu Kakak Asep Ismail, seorang Pengajar Muda di Indonesia Mengajar angkatan VIII. CAMP Training hari ini diawali dengan perkenalan mengenai apa itu ice breaking, seberapa penting ice breaking dibutuhkan dalam sebuah kelompok, hingga penerapan ice breaking itu sendiri. CAMP Crews diberi kesempatan untuk mencoba beberapa contoh ice breaking. Selain itu, CAMP Crews juga diberi kesempatan untuk membuat ice breaking berdasarkan kreativitas masing- masing.

CAMP Training yang diadakan tidak hanya berhenti pada pelatihan ice breaking saja, namun juga terdapat sesi tanya jawab mengenai anak-anak, pendidikan, kerelawanan, hingga masalah yang dijumpai dalam sebuah organisasi, terutama CAMP Foundation sendiri. Kak Asep yang menjadi pemateri pada CAMP Training kali ini juga memberikan saran yang diharapkan dapat membawa CAMP Foundation menjadi organisasi nonprofit yang lebih baik. Kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan oleh relawan sebagai bekal dalam menghadapi keadaan di lapangan yang mengharuskan mereka berinteraksi dengan anak-anak yang memiliki berbagai karakter. Hasil pelatihan ini diharapkan dapat diaplikasikan oleh CAMP Crews sebagai salah satu metode dalam memecah keheningan yang kerap terjadi saat bertemu dengan anak-anak, sehingga tercipta kedekatan, kenyamanan, serta tumbuhnya rasa memiliki antara Anak Asuh dengan CAMP Foundation. (Izzah Annisatur Rahma)