Yogyakarta, Oktober 2018 – Development program yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas maupun pengetahuan anak asuh mengenai dunia yang mungkin sudah diketahuinya maupun dunia baru. Kali ini anak asuh akan dikenalkan mengenai Negara Jepang atau akrab dipanggil sebagai Negeri Sakura. Pada hari Minggu, 28 Oktober 2018 kegiatan ini dilaksanakan di Shelter Camp Foundation dan diikuti oleh 5 anak asuh dan beberapa kakak asuh yang hadir. Development program kali ini memakan waktu sekitar 1,5 jam lamanya. Acara ini diawali dengan kakak asuh yang memberikan materi berupa bagaimana mengenalkan diri dengan bahasa yang mungkin belum pernah mereka dengar yaitu Bahasa Jepang.

Anak-anak juga dikenalkan dengan berbagai sapaan waktu seperti selamat pagi, selamat malam, dan sebagainya dengan menggunakan bahasa Jepang yang sopa. Tak lupa kakak asuh memberikan pengetahuan-pengetahuan mengenai bagaimana penerapan disiplin di Negeri Sakura tersebut dan dampak nyata bagi mereka sendiri. Seperti warga Jepang yang disipli dalam membuang sampah pada tempatnya sehingga hamper tidak pernah terjadi banjir karena adanya tumpukan sampah yang menggenang di saluran air.

Kemudian anak asuh diminta mengajukan diri untuk melakukan demonstrasi perkenalan yang sudah diajarkan sebelumnya oleh kakak asuh. Walaupun masih terlihat malu, namun anak asuh tampak senang dan sebagai rewardnya diberikan snack kecil dan tepuk tangan meriah dari kakak asuh yang membuat anak asuh yang berani mengajukan diri terlihat sangat senang. Setelah semua materi selesai diajarkan, kemudian kakak asuh membimbing anak-anak asuh untuk membuat gantungan kunci Teru-teru Bozu yang dikenal sebagai boneka penangkal hujan di Jepang.

Dengan adanya Development Program mengenai mengenal Negeri Sakura ini diharapkan agar anak asuh memiliki pengetahuan yang lebih mengenai dunia luar dan dan dapat menerapkan nilai disiplin yang baik untuk dijadikan contoh kehidupan sehari-hari. Selain itu dengan adanya kegiatan ini menambah kreativitas anak-anak asuh serta mengembangkan keterampilan yang dimilikinya.