Yogyakarta, September 2017 – Development program merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap bulannya untuk mengembangkan berbagai kemampuan atau soft skill anak asuh. Development program kembali dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 24 September 2017. Kegiatan ini berlangsung di CAMP Shelter selama kurang lebih dua jam. Pada kesempatan ini, kami mengedukasi anak asuh untuk mencintai lingkungannya.

Selaras dengan tema bulanan yang kami angkat pada bulan ini, yaitu love our environment, kami mengajak anak asuh untuk lebih bijak dalam memilah dan mengolah sampah. Pada development program bulan ini, kami mengajak anak asuh untuk membuat celengan dari botol plastik bekas. Botol plastik bekas ini didapatkan dari usaha anak asuh dalam memilah sampah menjadi beberapa kategori. Agar lebih menarik, anak asuh diberikan kesempatan untuk menghias celengan milikinya sendiri.

Sebelum kegiatan dimulai, anak asuh diberikan kesempatan untuk berkomunikasi, baik dengan anak asuh lain atau pun dengan CAMP Crew. Kegiatan ini dimulai pada pukul 11.00 WIB. Anak asuh didampingi CAMP Crew mulai membuat dan menghias celengan dengan cat air serta peralatan yang telah disediakan. Anak asuh terlihat antusias dalam membuat celengan berbahan dasar botol plastik bekas ini. Terlebih, development program kali ini dihadiri hampir seluruh anak asuh yang tergabung di CAMP Foundation.

Development program bertemakan love our environment ini pastilah memiliki tujuan khusus yang fokus pada pengembangan skill anak asuh. Dengan adanya kegiatan ini, anak asuh diharapkan dapat membangun kreativitas, kepercayaan diri, dan komunikasi interpersonal. Kemampuan semacam ini dianggap perlu ditanamkan dalam diri anak asuh sebagai bekal kehidupannya, sehingga anak asuh menjadi lebih kreatif, percaya diri, serta mampu berkomunikasi dengan orang lain secara tepat. Di samping itu, kami juga ingin menanamkan sikap mencintai lingkungan serta perilaku rajin menabung kepada anak asuh, sehingga mereka dapat lebih bijak dalam mengelola lingkungan serta kubutuhannya.

(Izzah Annisatur Rahma)