Development Program : Science Project

Yogyakarta, Maret 2017 – Development program merupakan salah satu program edukatif yang dirancang oleh CAMP Foundation. Program ini bertujuan untuk mengembangkan keahlian diri Anak Asuh, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Pada bulan Februari ini, tapatnya 26 Maret 2017 bertempat di CAMP shelter,  CAMP Crews berserta Anak Asuh membuat miniatur gunung berapi dan gelembung sabun.

Posisi geografis Indonesia yang berada di daerah cincin api membuat Indonesia mempunyai banyak gunung berapi. Tak jarang juga ada fenomena gunung berapi meletus di Indonesia. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Anak Asuh mengerti proses ketika gunung berapi meletus.

Pada kesempatan ini, Anak Asuh dan dan CAMP Crews membuat miniatur gunung berapi dengan bahan dasar cuka, pewarna makanan warna merah, dan soda kue. Air cuka dipisahkan dari botolnya oleh CAMP Crews. Kemudian  Anak Asuh membenamkan botol cuka ke dalam tanah. Setelah itu, air cuka dimasukkan ke dalam botol menggunakan corong. Air cuka dicampur dengan pewarna warna merah untuk membuat warna seperti lahar. Selanjutnya, ditambahkan soda kue untuk membuat air cuka ‘meletus’ seperti gunung berapi.

Pada percobaan kedua, Anak Asuh diajarkan untuk membuat gelembung dari sabun. Sabun cuci piring ditambahkan dengan air, kemudian diaduk merata. Anak Asuh diberikan kawat yang sudah dibentuk bulat. Kawat kemudian dimasukkan kedalam larutan sabun cuci piring untuk ditiup.

Kegiatan membuat miniatur gunung berapi dan membuat gelembung sabun ini bertujuan untuk mengasah kemampuan motorik Anak Asuh, terutama motorik halus. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan mengeratkan hubungan antar Anak Asuh dan CAMP Crews. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak Anak Asuh untuk berpikir secara lebih kreatif.

(Yudha Farizky Ramanda)