Yogyakarta, Juli 2016 – #BUKUKUBUKUMU merupakan sebuah proyek khusus pada bulan Mei – Juni 2016. Mengambil tema #BUKUKUBUKUMU, kami ingin mengajak donatur berbagi kebahagiaan melalui buku untuk meningkatkan minat baca Anak Asuh. PIC (person in charge) program #BUKUKUBUKUMU yang bermakna bukuku untuk kamu, buku yang akan menjadi milikmu, bukumu; adalah Lajeng Padmaratri, volunteer Digital Marketing CAMP Foundation.

Program #BUKUKUBUKUMU mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi meningkatkan minat baca di Indonesia dengan mendonasikan buku terbaiknya maupun uang yang khusus didonasikan untuk program ini. Buku yang kami dapatkan diberikan kepada Anak Asuh sebagai Kado Hari Raya Idul Fitri 2016. Program ini terinspirasi dari seorang donatur yang memberikan kado Natal 2015 untuk semua Anak Asuh tanpa memandang agama.

Kami mengampanyekan donasi buku #BUKUKUBUKUMU di berbagai media sosial. Untuk penerimaan buku, kami menyediakan dropbox di Playground Café (Jalan Timoho 31, Yogyakarta) dan La Patate Café (Jalan Kusumanegara 81, Yogyakarta). Kami tidak hanya menerima buku dari dalam kota Yogyakarta, ada beberapa donatur dari Jakarta, Jawa Barat, dan Bali yang mengirimkan buku-buku mereka untuk Anak Asuh.

Pada awalnya, kami hanya menerima buku-buku dengan kategori buku cerita/dongeng anak anak, majalah anak-anak, ensiklopedia, dan kamus. Namun, ternyata kami menerima banyak buku di luar kategori tersebut. Kami melakukan sortir terhadap seluruh buku donasi agar layak didonasikan untuk Anak Asuh kami. Buku yang diberikan disesuaikan dengan usia dan jenjang pendidikan Anak Asuh. Selain itu, kami juga menerima donasi berupa uang yang khusus didonasikan untuk program #BUKUKUBUKUMU. Uang tersebut kemudian dibelikan buku sesuai kategori yang dibutuhkan sebagai tambahan Kado Lebaran Anak Asuh.

Kami memberikan buku pada ke-19 Anak Asuh kami. Setiap anak ada yang mendapatkan 3 buku, ada pula yang mendapat 4 buku. Kami melakukan kunjungan ke Anak Asuh untuk membagikan buku tersebut selama 2 hari, 13 dan 21 Juli 2016. “Anak Asuh kami merasa senang mendapatkan buku-buku sebagai Kado Lebaran. Bahkan, ada salah seorang Anak Asuh yang mendapatkan Kado Lebaran ini tepat di hari ulang tahunnya,” terang Eirene Shinta Valevi, General Manager CAMP Foundation.